Bu,Mengapa Aku Berbeda? (Puisi)


Bu, Mengapa Aku Berbeda?

Karya : Noviyanti

Bu,
Orang bilang aku adalah seorang  gadis dungu
Seorang gadis tanpa sekali pun menyentuh ilmu
Mereka bilang dunguku kian tak terkendalikan
Menepi hanya ketika lontaran cacian yang ditinggikan
Berbalik hanya ketika pundak yang di sapa

Bu,
Orang bilang aku adalah seorang gadis bisu
Seorang gadis tanpa suara jika mengadu
Mereka bilang bisuku sungguh menyulitkan
Menyahut hanya dengan anggukan dan gelengan
Konyolnya hanya dapat melemparkan senyuman dan tangisan

Bu,
Orang bilang aku adalah seorang gadis buta
Berjalan ditemani tongkat sebagai mata
Mereka bilang butaku sangat merugikan
Tanpa sadar langkahku mengayun menghancurkan barang kesayangan
Bahkan kadang menabrak dinding dan memecahkan kaca

Bu,
Padahal aku ingin seperti mereka
Memahami penjumlahan dua tambah tiga
Mengutarakan sahutan meski sekedar ungkapan ‘ya’
Memandang jalanan agar tiada sesat kaki melangkah
Tapi bukankah itu mustahil bu?

Aku hanya bersahabat dengan suara dan sentuhan
Dengan  suara lembut ibu penuh kehangatan
Dengan deruman sedan-sedan yang lalu lalang di jalanan
Dengan sapa yang menjelma sebagai cacian
Dengan tepukan di pundak sebagai wujud panggilan

Bu,
Sebetulnya hatiku telah bebal
Namun aku khawatir harapku menyeruk-buruk
Bu,
Sebetulnya semangatku telah pupus dari dulu
Namun aku khawatir akan hatimu
Bu,
Aku percaya bahwa Tuhan menyayangiku
Namun mengapa aku berbeda?





Tasikmalaya, 15 September  2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Munafik