Kemacetan di Indonesia (Artikel)

Oleh: Yulia Indra Sari Dewi
Selasa, 17 Oktober 2017 – 19.45 WIB

Kemacetan merupakan pembahasan yang hangat dibicarakan oleh setiap orang. Di Indonesia sendiri banyak kota – kota besar yang sering terjadi kemacetan. Seperti di Jakarta, Bandung, dan kota besar lainnya. Kemacetan ini terjadi bukan hanya ketika hari libur nasional ataupun hari – hari tertentu tetapi setiap hari pun terjadi kemacetan.
Di jakarta sendiri kemacetan merupakan hal yang sudah biasa bagi warga jakarta dan sekitarnya. Banyaknya transportasi pribadi membuat kemacetan semakin parah. Tidak mengenal waktu baik itu pagi, siang, sore ataupun malam, kemacetan terjadi setiap saat. Sementara itu penggunaan transportasi umum semakin rendah karena banyaknya pengguna yang menggunakan transportasi pribadi.

Banyaknya warga yang menggunakan transportasi pribadi dikarenakan kenyamaan dan keamanan penggunaan transportasi umum yang kurang terjamin. Banyaknya kejahatan di transportasi umum membuat warga memilih memakai transportasi pribadi.

Kemacetan ini pun banyak mengganggu aktifitas – aktifitas yang lain seperti terlambatnya ke sekolah atau ke kantor. Lalu bagaimana upaya pemerintah dalam mengatasi kemacetan ini? Pemerintah pun sedang berupaya untuk mengatasi kemacetan di Indonesia khususnya di Jakarta, namun dari tahun ke tahun tetap saja kemacetan ini terjadi. Apalagi kalau sudah memasuki libur panjang volume kendaraan pun meningkat berkali-kali lipat.
Upaya yang harus pemerintah lakukan yaitu dengan memperluas ruas jalan namun hal ini memiliki konsekuensi, karena harus menyita tanah warga dan membuat ganti rugi atas tanah tersebut. Upaya yang lain yang dapat pemerintah lakukan adalah membuat keamanan dan kenyamanan yang layak bagi pengguna sehingga pengguna tidak merasa ketakutan untuk menggunakan transportasi umum. Dan kejahatan dalam transportasi umum pun bisa berkurang. Jika terjadi kemacetan pada waktu libur panjang maupun hari – hari biasa polisi membuka jalur buka tutup satu atau dua arah sehingga mengurai kemacetan.

Kesimpulannya untuk mengurangi kemacetan bisa dilakukan dengan memperluas ruas jalan untuk kendaraan, menggunakan transportasi umum dengan keamanan dan kenyamanan yang layak bagi pengguna, dan membuka jalur buka tutup satu atau dua arah. Hal ini tidak secara langsung mengatasi kemacetan secara cepat namun hal ini dapat mengurangi sedikitnya kemacetan di Jakarta ataupun dikota – kota besar di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Munafik